Konsistensi Selfie

Ghozali Everyday – Bagaimana jika kebiasaan swafoto sehari-hari kita, ternyata aset yang memiliki nilai Jutaan rupiah? Awal Tahun ini jagad kripo telah dihebohkan oleh seorang pria dari Solo, dialah Ghozali. Ia memiliki aset Non Fungible Token (NFT) berupa foto dirinya sendiri. Dan total nilai dari koleksinya kini mencapai milyaran rupiah.

Melalui platform OpenSea, Ghozali menjual foto selfinya. Item koleksinya yang berupa foto selfie, Ia kumpulkan selama 3 Tahun. Sejak Ghozali berusia 18 hingga 22 tahun, yakni dalam rentang tahun 2017 hingga 2021. Setiap hari ia mengambil citra wajahnya dengan pose yang cenderung template.

Konsistensi Ghozali Everyday

Tangkap Layar Profil Ghozali Everyday pada OpenSea

Dalam caption bio profile OpenSea ia menulis:

“I took photos of myself since I was 18 to 22 years old ( 2017 – 2021 ). it’s really a picture of me standing in front of the computer day by day”

“saya mengambil foto diri saya sendiri sejak saya berusia 18 sampai 22 tahun (2017 – 2021). Itu memang benar-benar gambar saya berdiri di depan komputer hari demi hari,” .

Dengan nama akun Ghozali Everyday, ia membandrol koleksinya dengan harga 0,001 ETH atau kisaran Rp 48 ribu. Total ada 933 foto yang ditawarkan. Melalui akun twitternya, ia bahkan mengkau kebingungan, mengapa ada yang berminat dengan karyanya.

Tak Terduga

“Hari ini terjual lebih dari 230 NFT dan sampai sekarang saya tidak mengerti mengapa Anda ingin membeli NFT foto saya. Saya berterima kasih kepada kalian selama lima tahun usaha saya terbayar,” ujar dia dalam Twitter @Ghozali_Ghozalu pada Selasa lalu (11/1/2022).

Dari Tweet yang diposting pada hari Rabu (12/1/2022), Ghozali mengungkap dalam tiga hari fotonya hanya tersisa 331 NFT. Bahkan Ghozali Everyday telah menembus 30 besar peringkat volume perdagangan 24 jam OpenSea dengan peningkatan 54764,77%.

 

Mengguncang NFT

Koleksi NFT Ghozali Everyday termurah dijual seharga 0,28 ETH atau kisaran Rp 13,5 juta. Dengan total 933 koleksi, Secara akumulasi NFT milik Ghozali bernilai hampir Rp 12,6 miliar.

Peminat dari NFT Ghozali tidak hanya para penggiat aset kripto saja. Bahkan public figure turut mengoleksi foto selfie Ghozali.

Salah satunya Chef Arnold Poernomo yang membeli hingga 20 NFT. Dia lantas menggunakan salah satu koleksinya untuk dijadikan foto profil akun media sosialnya.

“Gozali membuat proyeknya selama 3 tahun terakhir. Kerja keras dan dedikasi satu orang. Ruang (NFT) ini telah mengubah banyak kehidupan orang..jika itu dapat mengubah Anda…kita dapat mengubah hidupnya juga. GG Gozali Tuhan Memberkati,” tulis pria yang terkenal sebagai juri Master Chef Indonesia ini.

***

Terlepas dari pola trend yang cenderung Hit and Run. Perkembangan teknologi perlahan mengarah pasti pada Metaverse, Namun dari seorang Ghozali menunjukan bahwa konsitensi sebuah karya, Kejelian membaca peluang, dan keberanian untuk mengeksekusi adalah pondasi dasar kesuksesan.

About the Author

Nasrullah MK. Al-Chudjazi

Lurah Sekaligus Carik

Om-om "single parent" anak satu yang berprofesi sebagai penggembala aksara, sering disebut sebagai Cah Angon. Karena sering hilang ingatan, saat ini tengah sibuk merawat kesadaranya lewat tulisan.

View All Articles